Rabu, 11 Januari 2017

Cara install LAMP Server di Ubuntu 16.04


Bagi para web programer pengguna OS Linux pasti tidak asing lagi dengan namanya LAMP, Yapp... LAMP merupakan sebuah singakatan dari Linux, Apache, Mysql, dan  Php/Perl/Python. Semua merupakan suatu perangkat lunak yang berlisensi open source yang berbeda namun salingberkaitan dimana fungsi LAMP untuk membangun suatu Server Host dan menjalankan web dinamis, beserta database. 
Disini saya akan memberikan bagimana cara instalasi LAMP pada ubuntu, disini saya menggunakan Distro Ubuntu v.16.04 LTS. Untuk memulai pastikan anda terkoneksi dengan internet dan menjalankan terminal sebagai Super Admin.

1. Install Apache 
Apache web server adalah salah suatu web server yang paling populer di dunia. Ini terdokumentasi dengan baik, dan telah digunakan secara luas dan memiliki sejarah yang panjang pada dunia web, dan sekarang apache menjadi pilihan standar dunia sebagai web server untuk hosting website. untuk menginstall apache ketikan script berikut.
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install apache2
Tunggu hingga instalasi selesai, jika suda kita coba membuka sebuah browser lalu ketikan http://localhost pada url bar jika sukses maka akan muncul gambar seperti berikut.


2. Install Mysql 
Satu tahap sudah selesai aekarang kita memiliki sebuah web server yang sudah bisa dijalankan, saatnya untuk menginstal MySQL. MySQL adalah sebuah sistem manajemen database. Pada dasarnya, mysql akan mengatur dan menyediakan akses ke database di mana website dapat menyimpan dan menampilkan informasi. untuk menginstall Mysql ketikan script berikut.
$ sudo apt-get install mysql-server
perhatikan saat instalasi ada beberapa option yang harus di isi seperti gambar dibawah ini.



Harap masukan password sebagai autentikasi keamanaan saat masuk mysql, untuk lebih lanjut memahami fungsi scirp mysql bisa dilihat disini.

3. Install PHP
PHP adalah bahasa pemrograman script server-side yang didesain untuk pengembangan web. Selain itu, PHP juga bisa digunakan sebagai bahasa pemrograman umum. Saat ini masih banyak website yang menggunakan PHP meskipun bahasa pemrograman website sangat begitu banyak dalam dekade ini, namun PHP tetap masih merajai. untuk menginstall Mysql ketikan script berikut.
$ sudo apt-get install php5 libapache2-mod-php5 php5-mcrypt
Tunggu hingga instalasi selesai, jika sudah mari kita coba untuk melakukan test dibrowser apakah PHP sudah terinstall atau belum.
Buatlah sebuah file pada server dengan nama phpinfo.php.
$ sudo nano /var/www/html/phpinfo.php
Jika sudah ketikan script berikut.
<?php
    phpinfo();
?>
Selanjutnya bukalah browser anda dan ketikan link berikut pada url browser.
http://localhost/phpinfo.php jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti berikut.



Sudah selesai tahap instalasi LAMP pada Linux anda tinggal membuat projet-project baru selamat mencoba.

Semoga bermanfaat.


 
  
Previous Post
Next Post

0 komentar: