Rabu, 11 Mei 2016

Mengurangi Memori Yang Penuh Pada Android


Semakin majunya perkembangan smartphone Android saat ini semakin besar juga kapasitas memori yang dibutuhkan untuk menyimpan data-data pribadi baik foto, musik, file dokumen atau aplikasi-aplikasi game yang membutuhkan kapasitas memori besar.
Untuk memanjakan pelanggan vendor pembuat smartphone juga mulai memperbesar memori internalnya untuk smartphone yang memiliki tipe khusus disamping memori internal yang besar terkadang  para pengguna smartphone kurang cukup puas sehingga ditambah lagi dengan memori SD Card. Kadang tidak kita sadari memory yang begitu besar tiba-tiba kok penuh padahal aplikasi dan file dokumen tidak terlalu banyak ??? sedikit tips dari saya ini mungkin bisa membantu.

1. Bersihkan cache dan data Aplikasi
Mungkin sebagian besar para pengguna besar tidak tahu apa fungsi cache dan data pada aplikasi. Fungsi cache dan data ini lebih ke arah menyimpan data / merekam data untuk mempercepat menjalankan dan menampilkan aplikasi dengan data yang sudah ada.  Contoh kita login facebook  maka username dan password kita akan tersimpan pada cache sehingga saat setiap kita membuka aplikasi facebook maka kita sudah masuk tanpa harus login lagi dan halaman yang kita kunjungi akan tersimpan pada data.



Jika cache dan data sudah cukup besar silahkan dibersihkan dengan cara masuk ke pengaturan -> Aplikasi dan pilih aplikasi mana yang akan dibersihkan dengan meng klik clear data atau clear cache, untuk di ingat setiap anda melakukan clear data maka aplikasi anda akan seperti baru di install.

2. Hapus file sampah
Jika anda menghapus suatu file dokumen entah itu .mp3 .doc .zip dll, tidak semua file terhapus langsung karena file tersebut akan tersimpan pada folder .trash yang tersembunyi. Namun jika anda menggunakan file manager pilih lah file manajer yang memiliki fungsi delete permanent seperti file manager yang dimiliki Asus Zenfone 2. Inilah yang membuat aneh memory kita kenapa file dokumen sedikit tapi data memory penuh. Cara untuk membersihkan file sampah atau .trash.

  • Buka file manajer kalian, pastikan ada pengaturannya dan pilih memory internal atau eksternal yangkan dihapus, pilih setting-> hapus centak sembunyikan file sistem.

  •  Maka akan muncul banyak folder dengan tanda titik (.folder), pilih file .trash -> .storage -> ./Micro SD/Internal -> hapus semua file.


Nice mantap kan gan memory anda jadi agak kosong dan mempercepat kinerja smartphone anda, jika file manager kalian tidak ada seting untuk menampilkan folde file system anda bisa menggunakan file manajer ES File Explorer download di sini. Semoga bermanfaat.


Semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

2 komentar: