Kamis, 07 Juli 2016

Membuat website dengan cgi python


Saat ini saya akan membuat web dengan menggunakan script bahasa python? lo...kok emang python bisa diakses di website?? bukan kah hanya .html .php .asp .js saja...yang bisa diakses di website? Dan bukannya python hanya bisa running di   terminal atau command line saja?? eittss...!!! bisa dong python diakses di website sebagai server-side. Sebelum mulai tutorial, apa itu python? Seperti yang dijelaskan pada Wikipedia Python adalah bahasa pemrograman interpretatif multiguna dengan filosofi perancangan yang berfokus pada tingkat keterbacaan kode. Python diklaim sebagai bahasa yang menggabungkan kapabilitas, kemampuan, dengan sintaksis kode yang sangat jelas, dan dilengkapi dengan fungsionalitas pustaka standar yang besar serta komprehensif. Mungkin lebih simple nya  Python merupakan bahasa pemrograman dinamis yang mendukung pemrograman berorientasi obyek. Python dapat digunakan untuk berbagai  keperluan pengembangan perangkat lunak dan dapat berjalan di berbagai platform sistem operasi. Seperti halnya bahasa pemrograman dinamis, python seringkali digunakan sebagai bahasa skrip dengan interpreter yang teintergrasi dalam sistem operasi. Bagaimana python bisa diakses di website?? python bisa running dengan menggunakan web-server CGI, apa itu CGI??? CGI (Common Gateway Interface) merupakan suatu bentuk hubungan interaktif di mana client-side (browser) dapat mengirimkan suatu input kepada web-server, dan web-server mengolah input tersebut serta mengembalikannya kepada client-side (browser) menghasilkan output.. Untuk membangun website dengan bahasa python kita harus melakukan beberapa tahap instalasi.

1. Install web-server
untuk web-server kita bisa menggunakan xampp, wampp, apache2triad itu untuk web-server di windows untuk di linux kita bisa menggunakan apache2, tutorial ini saya menggunakan 2 OS windows dan linux ubuntu, dan server menggunakan xampp dan apache2. Untuk cara install bisa cari di mbah google.

2. Konfigurasi web-server
2.1 Pertama untuk konfigurasi web-server xampp di windows.
Setelah tahap instalasi biasanya xampp sudah membuat otomatis konfigurasi cgi, namun jika belum bisa mengikuti langkah berikut.  buka directori installasi xampp default untuk directori xampp berada di C:\xampp kemudian kita masuk pilih folder C:\xampp\apache\conf dan buka file httpd.conf  Tambahkan script berikut :

<ifmodule alias_module="">
    ScriptAlias /cgi-bin/ "C:/xampp/cgi-bin/"
</ifmodule>

AddHandler cgi-script .cgi .pl .asp .py ##tambahan ekstensi .py jika belum ada

 <directory cgi-bin="" xampp="">
    AllowOverride None
    Options None
    Order allow,deny
    Allow from all
</directory>

Aktifkan Modul cgi, cari modul

#LoadModule cgi_module modules/mod_cgi.so

jika tertutup tanda ( # ) hapus tanda pagar tesebut.

Sudah selesai berarti tahap konfigurasi server cgi pada windows namun pastikan terdapat folder cgi-bin pada xampp jika belum ada buat folder dengan nama cgi-bin ex: C:\xampp\cgi-bin dan restart apache.

2.2 Kedua  konfigurasi web-server apache2 di linux ubuntu
Pastikan tahap instalasi apache2 sudah selesai di ubuntu, selanjutnya buka folder konfigurasi apache2 biasanya default  /etc/apache2/ selanjutnya buka file 000-default.conf  sebagai administrator  /etc/apache2/sites-available/ 000-default.conf  coba lihat apakah konfigurasi direktori cgi sudah dibuat?jika belum ikuti langkah berikut.


AddHandler cgi-script cgi REAL
ScriptAlias /cgi-bin/ /usr/lib/cgi-bin/  ## untuk meletakan file python bisa diubah sesuai keinginan
<Directory "/usr/lib/cgi-bin">
       AllowOverride None
      Options +ExecCGI -MultiViews +SymLinksIfOwnerMatch
       Require all granted
</Directory>

Selanjutnya aktifkan module cgi di terminal


sudo a2enmod cgi
sudo service apache2 restart 

jika sudah berarti tahap konfigurasi web-server di linux ubuntu sudah selesai.

3. Install python
disini saya masih menggunakan python v.2.7 meskipun yang terupdate sudaha ada yakni v.3 namun untuk pemula kita gunakan v.2.7. Python untuk windows bisa di instal disini atau disini, untuk linux ubuntu bisa dicari caranya dimbah google.

4. Membuat script
Saatnya membuat coding script, untuk membuat script kita siapkan editor dan ketikan script berikut. jika anda menggunakan windows perhatikan baris yang pertama, baris pertama menunjukan lokasi anda menginstall python dan ketika di jalankan maka python akan mengeksekusi script tersebut.


#!C:/Python27/python.exe
print "Content-type:text/html"
print ""
print "Hello World, saat ini saya membuat website dengan python
untuk linux ubuntu sama juga yang membedakan baris pertama lokasi aplikasi python di install.

#!/usr/bin/python
print "Content-type:text/html"
print ""
print "Hello World, saat ini saya membuat website dengan python" 

Selanjutnya simpan file tersebut dengan ekstensi .py atau .cgi contoh mycgi.py, mycgi.cgi pada folder cgi-bin pada web-server lalu kita jalan kan di browser dengan memangil file http://localhost/cgi-bin/my.py tersebut dan hasilnya.


Biasanya cgi python ini sering dibuat untuk aplikasi atau tools dalam pengolahan data, manipulasi data dan lain sebagainya dengan file yang berukuran kecil namun kemampuan sangat luar biasa.


Semoga bermanfaat.
Previous Post
Next Post

3 komentar:

  1. tanks tipsnya sangat membantu bro...

    BalasHapus
  2. assllqm.,.,.,kaga bisa d save.,,.,kenap ya???

    BalasHapus
  3. mohon bantuannya
    Saya sudah mengikuti langkah2 di atas,tetapi terjadi error
    Forbidden

    You don't have permission to access /html/hello.py on this server.

    BalasHapus