Minggu, 08 Oktober 2017

Cara menghilangkan virus shorcut di Flashdisk


Mungkin anda pernah mengalami saat anda mau ngeprint file ke warnet atau ngambil data dari temen yang dimana komputer atau laptop nya tidak memiliki anti virus atau anti virus nya tidak pernah di update. mungkin saat dicolokin flashdisk kita ke komputer tersebut data anda masih aman tidak ada  masalah namun saat anda coba cabut lalu colokin lagi atau anda colokin komputer lain dan anda tiba-tiba langsung heboh karena data nya ilang atau hanya ada file shortcut saja dan yang paling penting lagi disitu ada tugas skripsi anda dan foto mantan anda gmn rasanya kalo itu bener-bener hilang. jika terjadi hal tersebut anda jangan panik dan memformat flashdisk anda karena data anda masih bisa terselamatkan. berikut cara nya.

1. Buka run dengan menekan windows + R dan ketikan cmd.



2. Lalu akan muncul tampilan command prompt seperti berikut.


3. Selanjutnya masuk ke drive USB kita yang terkena virus shorcut tersebut.



4. Laku ketikan script berikut pada CMD untuk mengembalikan data  attrib -s -r -h /s /d 




5. jika sudah tunggu hingga selesai lalu check USB Flashdisk kamu akan ada folder ( . ) tanpa  nama lalu lihat didalam nya disitulah file anda tesimpan, lalu pindahkan datanya dulu dari USB yang kena virus ke Drive yang lain, lalu format Flashdisk anda.



Pada dasarnya virus shorcut hanya menyebabkan file anda terhidden saja namun jangan dianggap enteng jika antivirus anda yang selalu update dan tiba-tiba menscan Flashdisk anda dan anda belum melakukan pengembalian data dengan cara diatas, maka data file anda akan hilang selamanya dan harus direcovery dengan cara Recovery data USB Flashdisk, namun jika data shorcut anda berada dikarantina maka segera restore kembali agar data anda bisa dikembalikan. 


Semoga bermanfaat.

Previous Post
Next Post

1 komentar: