Kamis, 09 Maret 2017

Cara membuat Route pada Codeigniter


Para pengguna Codeigniter pasti tau apa fungsi dari Route??? jika anda membuat sebuah project pasti anda akan melakukan konfigurasi route untuk menentukan Class mana pada controller yang akan pertama kali diload dan menampilkan sebuah halaman pertama, selain untuk memetakan permintaan atau request kedalam class controller didalam website route juga berfungsi untuk mempercantik URL kita, secara default script route pada codeigniter seperti berikut .


$route['default_controller']= 'welcome';
dari script diatas maka dapat kita jabarkan bahwa $route['default_controller'] merupakan sebuah route default untuk pertama kali menjalankan perintah Class, sedangkan welcome adalah sebuah Class yang akan dibaca pertama kali dan diteruskan ke View. Sehingga setiap anda menjalankan web anda pertama kali maka akan tertuju pada class dan fungsi yang sudah ditentukan oleh default_controller. Adapun berikut contoh konfigurasi route pada codeigniter.


dari keterangan URL diatas kita bisa membuat route tanpa membuat fungsi dengan nama user, karena setiap awal class fungsi index akan dibaca terlebih dahulu sebagai default. Untuk membuat route maka kita edit file routes.php pada project kita application/config/routes.php.

$route['login/user'] = 'login';
bisa kita pahami bahwa route diatas menunjukan bahwa url ‘login/user’ akan dialihkan ke controller dengan class login. Contoh lain

dari keterangan URL diatas kita dapat lihat bahwaURL terdiri dari Class dan fungsi.

$route['data/karyawan/hrd'] = 'karyawan/get_karyawan_hrd';
bisa kita lihat bahwa route diatas menunjukan bahwa url ‘data/karyawan/hrd’ akan dialihkan ke controller dengan class karyawan dengan fungsi get_karyawan_hrd. Contoh lain mengambil URI segment dari route.


Sebelumnya anda pasti pernah menggunakan URI segment? Uri segment kepanjangan dari Uniform Resources Identifer Yang berfungsi untuk mengambil class, fungsi atau id pada URL. Dari contoh diatas dapat kita lihat bahwa URL tersebut terdiri dari class , fungsi dan id. Untuk mendapatkan id dari URL maka kita perlu menambahkan script (:any) untuk semua karakter atau (:num) jika id anda sebuah type number.

$route['data/karyawan/hrd/(:any)'] = 'karyawan/get_karyawan_hrd/$1';
Penjelasan dari script route diatas menunjukan bahwa url ‘data/karyawan/hrd’ akan dialihkan ke controller dengan class karyawan dengan fungsi
get_karyawan_hrd sedangkan ‘(:any)’ merupakan sebuah nilai yang akan kita ambil, selanjutnya '$1' merupakan sebuah parameter yang disematkan pada function dicontroller sehingga kita tidak perlu menambahkan script $this→uri→segment(‘4’); pada function untuk mengambil nilai. Penulisan script pada Contrllers seperti berikut.

<?php defined('BASEPATH') OR exit('No direct script access allowed');

class karyawan extends CI_Controller {

    public function get_karyawan_hrd($id) { 

        $data = array (

                'data_karyawan=> $this->Models->get_detail($id)

        );

        $this->load->view('layout/wrapper',$data);

    }

}
 
Saya rasa sudah cukup cara membuat route dicodeigniter semoga bermanfaat bagi para developer semua
Previous Post
Next Post

2 komentar: