Sabtu, 14 Januari 2017

Install PhpMyadmin pada Ubuntu 16.04


Sebelumnya saya sudah posting bgaimana Membangun Web Server di Ubuntu 16.04 dengan LAMP sekarang saya akan menambahkan bagaimana cara menginstall PhpMyadmin pada Ubuntu, phpMyAdmin adalah sebuah aplikasi open source yang digunakan untuk administrasi MySQL. Selain menawarkan kemampuan untuk melakukan tugas-tugas administrasi seperti membuat, mengedit, atau menghapus database, dan mengelola pengguna dan hak akses, phpMyAdmin menyediakan antarmuka pengguna secara  user friendly sehingga mudah untuk digunakan. jadi  jika anda masih awam dengan terminal / command line pasti akan kesulitan dalam membuat database namun dengan phpMyadmin anda akan sangat mudah untuk mengelola database. berikut cara instalasinya.

1. Install phpMyadmin
Sebelum memulai pastikan anda terhubung dengan internet. Buka terminal dan ketikan perintah berikut.
$ sudo apt-get update
$ sudo apt-get install phpmyadmin

2. Pengaturan Server 
Setelah beberapa menit/detik akan ada tampilan untuk pemilihan webserver, tanda [ * ] bintang menandakan bahwa item tersebut dipilih, pilih apache2 dan tekan spasi untuk memilih lalu tekan kursor kebawah pilih OK enter.
 

Selanjutnya akan ada tampilan lagi dan pilih YES untuk melanjutkan.


Setelah itu akan ada lagi tampilan muncul meminta untuk masuka password Mysql anda.


Tunggu hingga proses selesai. jika sudah restart apache2
sudo systemctl restart apache2
Tahap instalasi sudah selesai coba buka browser anda dan masukan url http://localhost/phpmyadmin jika berhasil maka akan muncul tampilan seperti bawah ini pada browser anda.

 




Semoga bermanfaat
Previous Post
Next Post

0 komentar: